RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK ......................................
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Biologi
Alokasi waktu : 2 X 45’
Standar Kompetensi : 1. Memahami
sel sebagai unit dasar kehidupan
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
sel sebagai unit dasar kehidupan
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan teori sel berdasarkan sejarah penemuannya
2.
Menyebutkan tingkatan organisme kehidupan berdasarkan strukturnya
3.
Menyebutkan tingkatan organisme kehidupan berdasarkan fungsinya
Materi Pembelajaran : Tingkatan Organisme kehidupan
Metode Pembelajaran : Model:
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode:
- Diskusi kelompok
- Tanya Jawab
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN 1
a. Kegiatan Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
- Apakah pernah melihat organisme kehidupan
- Sebutkan contoh organisme
kehidupan
. Prasyarat pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud organisme
kehidupan
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan
pengertian organisme kehidupan
F Menyebutkan contoh – contoh organisme kehidupan
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber. ( NK. Gemar Membaca)
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya.( NK. Komunikatif)
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.(NK. Tanggung Jawab)
F Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.Secara kelompok, peserta
didik mendiskusikan Teori sel dijelaskan berdasarkan
sejarah penemuannya,
danTingkatan organisme kehidupan dijelaskan
berdasarkan struktur dan fungsinya.( NK. Komunikatif)
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut.(NK. Mandiri)
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok.(NK. Tanggung Jawab)
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.(NK. Kreatif)
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.(NK. Demokrasi)
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber
Belajar
a. Buku Biologi SMK kelas X
b. Lembar Kerja
Siswa
c. Materi
dari internet
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ menyebutkan teori sel
berdasarkan sejarah penemuannya
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
§ Sebutkan teori
sel berdasarkan sejarah penemuannya
|
Mengetahui,
Kepala
SMK..............................
...............................................
NIP
.......................................
|
---------------, Juli 2012
Guru mapel Biologi
..............................................
NIP
...................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar