Senin, 17 Maret 2014

CONTOH RPP BIOLOGI SMK PERKEBUNAN KELAS X SEM 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMK ......................................
Kelas / Semester               :     X / 1
Mata Pelajaran                :     Biologi
Alokasi waktu                   :     2 X 45

Standar Kompetensi         :     1.     Memahami sel sebagai unit dasar kehidupan
Kompetensi Dasar           :     1.1   Mendeskripsikan sel sebagai unit dasar kehidupan       

Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
1.        Menyebutkan teori sel berdasarkan sejarah penemuannya
2.        Menyebutkan tingkatan organisme kehidupan berdasarkan strukturnya
3.        Menyebutkan tingkatan organisme kehidupan berdasarkan fungsinya

Materi Pembelajaran       :    Tingkatan Organisme kehidupan

Metode Pembelajaran      :    Model:
                                               -      Direct Instruction (DI)
                                               -      Cooperative Learning
                                               Metode:
                                               -      Diskusi kelompok
                                               -      Tanya Jawab


Langkah-langkah Kegiatan


PERTEMUAN 1   

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
-      Apakah pernah melihat organisme kehidupan
-      Sebutkan contoh organisme kehidupan
      .     Prasyarat pengetahuan
-     Apakah yang dimaksud organisme kehidupan

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian organisme kehidupan
F Menyebutkan contoh – contoh organisme kehidupan
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber. ( NK. Gemar Membaca)
F menggunakan beragam  pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.( NK. Komunikatif)
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.(NK. Tanggung Jawab)
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan Teori sel dijelaskan berdasarkan sejarah penemuannya, danTingkatan organisme kehidupan dijelaskan berdasarkan struktur dan fungsinya.( NK. Komunikatif)
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.(NK. Mandiri)
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.(NK. Tanggung Jawab)
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.(NK. Kreatif)
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.(NK. Demokrasi)
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku Biologi SMK kelas X
b.   Lembar Kerja Siswa
c.   Materi dari  internet
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  menyebutkan teori sel berdasarkan sejarah penemuannya

Tes tertulis
Tes uraian
§  Sebutkan teori sel berdasarkan sejarah penemuannya
                                                                                                       
                                                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMK..............................





...............................................
NIP .......................................

---------------,       Juli 2012
Guru mapel Biologi





..............................................
NIP ...................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar