Senin, 17 Maret 2014

CONTOH RPP AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan   :    Sekolah Menengah Kejuruan
Mata Pelajaran           :    agribisnis tanaman perkebunan
Kelas/Semester          :    XI/2
Materi Pokok               :    Pemangkasan Tanaman Perkebunan tahunan
Waktu                          :    6 × 45 menit

A.      Kompetensi Dasar

1.    Meyakini  anugerah Tuhan pada pembelajaran agribisnis produksi tanaman perkebunan tahunan  sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
2.    Menghayati sikap cermat, teliti, jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, rahah lingkungan dan kerja sama sebagai hasil dari pembelajaran pengendalian hama tanaman perkebunan, pengendalian penyakit tanaman perkebunan, penyerbukan tanaman perkebunan, pemangkasan tanaman perkebunan, pemanenan tanaman perkebunan, pasca panen tanaman perkebunan.
3.       Menerapkan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
4.       Melaksanakan pemangkasan tanaman perkubana tahunan

B.      Indikator Pencapaian Kompetensi

1.         Menjelaskan pengertian pemangkasan tanaman perkebunan tahunan (3.1)
2.         mendesripsikan tujuan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan (3.2)
3.         Mendeskripsikan prinsip pemangkasan (3.3)
4.         Mengidentifikasi alat dan bahan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan (3.4)
5.         Mengidentifikasi bagian tanaman yang akan dipangkas (3.5)
6.         Mendeskripsikan jenis – jenis pemangkasan (3.6)
7.         Melaksanakan persiapan bahan dan peralatan pemankasan (4.1)
8.         Melaksanakan pemangkasan (4.2)  
9.         Melaksanakan pengontrolan, pengendalikan dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan (4.3)

C.      Tujuan Pembelajaran

1.      Mendeskripsikan pengertian pemangkasan, tujuan pemangkasan dan prinsip pemangkasan
2.      Menerapkan salah satu teknik pemangkasan dengan benar
3.      Menghayati sikap cermat, teliti, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, ramah lingkungan dan kerja sama dalam penyiapan alat dan bahan pemangkasan.

D.      Materi Pembelajaran

1.      Pengertian pemangkasan
2.         Tujuan pemangkasan
3.         Prinsip pemangkasan
4.      Bagian - bagian tanaman yang akan dipangkas
5.         bahan dan alat pemangkasan
6.      Teknik pemangkasan
7.         Prinsip – prinsip untuk mengontrol, mengendalikan  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan


E.      Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan      :    Scientifik
2.         Metode                      :     Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan, Presentasi, Praktik                                     

F.      Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan : LCD Proyektor, laptop, whiteboard, berbagai alat dan bahan Pemangkasan, dan modul Pemangkasan tanaman perkebunan tahunan.

G.      Sumber Belajar

Tim Agribisnis Tanaman dan Kehutanan, 2013. Modul pemangkasan tanaman perkebunan tahunan

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama

a.      Kegiatan Pendahuluan

1).     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2).     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3).     Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan, materi, manfaat, dan langkah-langkan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4).     Peserta didik melihat penayangan power point tentang sesuatu yang dipangkas/tidak dipangkas sebagai motivasi.
5).     Peserta didik diberi pemahaman tentang Pemangkasan tanaman perkebunan tahunan. Guru menggugah kesadaran peserta didik mengenai pentingnya kegiatan Pemangkasan pada tanaman perkebunan tahunan.

b.      Kegiatan Inti

1).     Peserta didik mencermati topik-topik materi yang dipaparkan guru melalui power point mengenai pengertian pemangkasan, tujuan pemangkasan, prinsip pemangkasan, bagian- bagian tanaman yang akan dipangkas, bahan dan alat pemangkasan.
2).     Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang pengertian pemangkasan, tujuan pemangkasan, prinsip pemangkasan, bagian- bagian tanaman yang akan dipangkas, bahan dan alat pemangkasan
3).     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang pemangkasan, tujuan pemangkasan, prinsip pemangkasan, bagian- bagian tanaman yang akan dipangkas, bahan dan alat pemangkasan.
4).     Peserta didik bersama guru mengulas hasil presentasi tentang pengertian pemangkasan, tujuan pemangkasan, prinsip pemangkasan, bagian- bagian tanaman yang akan dipangkas, bahan dan alat pemangkasan
5).        Peserta didik melaksanakan persiapan alat dan bahan pemangkasan tanaman perkebunantahunan
6).        Peserta didik bersama guru mengulas hasil pelaksanaan persiapan alat dan bahan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan

c.       Kegiatan Penutup

1).     Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
2).     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
3).     Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
4).     Peserta didik menyimak informasi rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

2.      Pertemuan Kedua

a.      Kegiatan Pendahuluan

1).     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2).     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3).     Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan, materi, manfaat, dan langkah-langkan pembelajaran yang akan dilaksanakan

b.      Kegiatan Inti

1).     Peserta didik mencermati topik-topik materi yang dipaparkan guru mengenai teknik pemangkasan
2).     Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang pengertian , teknik pemangkasan.
3).     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang teknik pemangkasan
4).     Peserta didik bersama guru mengulas hasil presentasi tentang  teknik pemangkasan.
5).        Peserta didik melaksanakan pemangkasan
6).        Peserta didik bersama guru mengulas pelaksanaan pemangkasan 

c.       Kegiatan Penutup

1).     Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
2).     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
3).     Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
4).     Peserta didik menyimak informasi rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya




3. Pertemuan Ketiga

a.      Kegiatan Pendahuluan

1).     Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2).     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3).     Peserta didik menerima informasi kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan, materi, manfaat, dan langkah-langkan pembelajaran yang akan dilaksanakan

b.      Kegiatan Inti

1).     Peserta didik mencermati topik-topik materi yang dipaparkan guru mengenai Prinsip – prinsip untuk mengontrol, mengendalikan  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
2).     Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok tentang Prinsip – prinsip untuk mengontrol, mengendalikan  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
3).     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang Prinsip – prinsip untuk mengontrol, mengendalikan  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
4).     Peserta didik bersama guru mengulas hasil presentasi tentang  Prinsip – prinsip untuk mengontrol, mengendalikan  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan.
5).        Peserta didik melaksanakan pengontrolan, pengendalian  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
6).        Peserta didik bersama guru mengulas pengontrolan, pengendalian  dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan

c.       Kegiatan Penutup

1).     Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
2).     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
3).     Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
4).     Peserta didik menyimak informasi rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya












I.        Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Penilaian Tertulis
2.         Penilaian Kinerja



                                                                                                                                           Pontianak, 10 November 2013
                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran,


                                                                                                                                           (Iis Eka Anik Widagdoningsih, MP)

1.       Islamiyah, S.P
2.       Rika Hariska, S.P
3.       Anik Purwati, S.P
4.       Widagdo ST
5.       Suratiningsih, S.Pd





























PENILAIAN PROSES

No
Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen Penilaian
1
Cermat
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
2
Teliti
3
Jujur
4
Disiplin
5
Tanggung jawab
6
Peduli
7
Ramah lingkungan
8
Kerja sama


PENILAIAN HASIL

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Menjelaskan pengertian pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
Tes Tertulis
Tes Uraian
Jelaskan secara singkat pengertian Pemangkasan
mendesripsikan tujuan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
Tes Tertulis
Tes Uraian
Jelaskan Tujuan Pemangkasan
Mendeskripsikan prinsip pemangkasan
Tes Tertulis
Tes Uraian
Jelaskan prinsip pemangkasan !
Mengidentifikasi alat dan bahan pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
Tes Tertulis
Tes Uraian
Tuliskan bahan dan alat yang digunakan dalam pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
Mengidentifikasi bagian tanaman yang akan dipangkas
Tes Tertulis
Tes Uraian
Tuliskan bagian – bagian tanaman yang di pangkas !



Mendeskripsikan jenis – jenis pemangkasan
Tes Tertulis
Tes Uraian
Tuliskan jenis – jenis pemangkasan pada tanaman perkebunan tahunan secara umum


Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
Mengidentifikasi bagian tanaman yang akan dipangkas
Unjuk Kerja
Keterampilan
Kinerja
Lakukan penentuan bahan dan alat pemangkasan pada tanaman  
Melaksanakan pemangkasan
Unjuk Kerja
Keterampilan
Kinerja
Lakukan pemangkasan pada tanaman !
Melaksanakan pengontrolan, pengendalikan dan evaluasi pemangkasan tanaman perkebunan tahunan
Unjuk Kerja
Keterampilan
Kinerja
Lakukan pengontrolan, pengendalian  dan evaluasi pemangkasan tanaman !


KUNCI JAWABAN

Nomor Soal
Kunci Jawaban
1.
Pengertian Pemangkasan adalah penghilangan beberapa bagian tanaman
2.
Tujuan pemangkasan:
1.    Untuk membentuk tanaman dengan cara mengontrol atau mengarahkan pertumbuhan tanaman
2.    Untuk menjaga kesehatan tanaman
3.    Untuk meningkatkan hasil atau kualitas buah atau bunga yang dihasilkan
3.
Prinsip pemangkasan :
1.    Lukanya harus miring, supaya air hujan dapat menglir dan batang atau cabang yang dipangkas tidak menjadi busuk
2.    Luka harus rata yaitu tidak pecah – pcah sehingga tidak akan lapuk, untuk ini sebaiknya dipergunakan gunting tunas atau gergaji pangkas
3.    Luka disebelah luar lebih tinggi supaya pertumbuhan tunas – tunas melebar
4.    Puntung yang ditinggalkan jangan terlalu panjang, kira – kira 5 – 10 cm. kecuali pada pohon yang batangnya mudah menjadi busuk dapat dibuat lebih panjang lagi
5.    Bagian – bagian pohon yang tumbuh paling cepat sebaiknya dipangkas paling banyak pula
6.    Bidang – bidang luka yang besar di tutup dengan ter atau carbolineum paltarium, parapin, cat putih atau pupuk kandang di campur dengan semen dengan perbandingan 1 : 1
7.    Luka yang di akibatkan karena membuang bagian yang sakit dari batang atau  cabang hendaknya dibuat runcing keatas atau kebawah menurut arah batang atau cabang supayah mudah terbentuk kalus atau supaya kulitnya mudah sembuh



Nomor Soal
Kunci Jawaban
4.
Bahan :
1.    ter atau carbolineum paltarium,
2.    parapin,
3.    cat putih atau pupuk kandang di campur dengan semen dengan perbandingan 1 : 1
Alat :
1.    Gunting stek
2.    Gunting pangkas
3.    Gergaji pangkas
4.    Parang

5.
 Bagian – bagian yang di pangkas
1.    Cabang yang tumbuh kearah dalam
2.    Cabang yang mengantung
3.    Cabang yang kering
4.    Cabang yang sakit
5.    Cabang yang tumpang tindih
6.    Tunas air

6.
Jenis – jenis pemangkasan tanaman perkebunan tahunan secara umum
1.    Pemangkasan bentuk
2.    Pemangkasan pemeliharaan
3.    Pemangkasan peremajaan

7.
Penentuan bahan dan alat pemangkasan pada tanaman  :
1.    Alat yang digunakan sesuai keperluan
2.    Alat yang digunakan dalam kondisi baik/layak untuk digunakan
3.    Alat yang digunakan siap untuk digunakan (jatam dan steril)
4.    Alat stelah digunakan disimpan pada tempatnya dalam keadaan bersih dan rapi
5.    Bahan yang digunakan sesuaidengan kebutuhan
6.    Bahan yang sisa penggunaan disimpan pada tempatnya

8.
Langkah – langkah pemangkasan :
1.    Mengidentifikasi bagian – bagian yang akan dipangkas
2.    Bagian – bagian tanaman yang di pangkas sesuai dengan identifikasi
3.    Bekas pangkasan rata
4.    Luka bekas pangkasan ditutup dengan parapin
5.    Bagian tanaman yang dipangkas di kumpulkan pada tempatnya
6.    Lahan sekitar tanaman bersih dari sisa – sisa pangkasan

9.
Pengontrolan, pengendalian  dan evaluasi pemangkasan tanaman
1.       Hasil pangkasan tidak terkontaminasi
2.       Terbentuk kalus atau kulitnya sembuh
3.    Mengendalikan batang atau cabang yang terkontaminasi


PEDOMAN PENSKORAN

Nomor Soal
Aspek Penilaian
Skor
1.
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
2.
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
3
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
4
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
5
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
6
Siswa menjawab lengkap
3

Siswa menjawab kurang lengkap
2

Siswa menjawab tidak lengkap
1
7
Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan lengkap
9-10

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan kurang lengkap
7-8

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan tidak lengkap
5-6
8
Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan lengkap
9-10

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan kurang lengkap
7-8

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan tidak lengkap
5-6
9
Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan lengkap
9-10

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan kurang lengkap
7-8

Siswa melaksanakan seluruh langkah kerja dengan tidak lengkap
5-6


















LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran                   :     Pemangkasan tanaman perkebunan
Kelas/Semester                 :     XI/2
Tahun Pelajaran               :     2013/2014
Waktu Pengamatan        :
Indikator penilaian sikap cermat, teliti, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, ramahlingkungan dan kerja sama sebagai hasil dari pembelajaran penyiapan bahan tanam/eksplan :
1.              Kurang Baik (KB) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam pelaksanaan pembelajaran
2.              Baik (B) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam pelaksanaan pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.              Sangat Baik (SB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam pelaksanaan pembelajaran secara terus meneru s dan ajeg/konsisten

No
Nama Siswa
Sikap Yang Dinilai
Cermat
Teliti
Jujur
Disiplin
Tgn Jwb
Peduli
Rmh Ling
Kerja Sm
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1

























2

























3

























4

























5

























6

























7

























8

























9

























10

























11

























12

























13

























14

























15

























16

























17

























18

























19

























20

























21

























22

























23

























24

























25

























26

























27

























28

























29

























30


























         Lembar Kerja 1

1.      persiapan alat dan bahan pemangkasan tanaman

a.      Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ini adalah agar peserta diklat mampu menyiapkan alat dan bahan pemangkasan dengan benar apabila disediakan peralatan dan bahan yang relevan.

b.      Alat dan Bahan
Alat yang digunakan dalam melakukan kegiatan ini yaitu gunting steks, gunting pangkas, gergaji pangkas, parang dan batu asah. Bahan yang digunakan adalah parapin, alkohol 70%, lap.

c.      Keselamatan Kerja
Kegiatan ini harus memperhatikan keselamatan kerja antara lain pakai sarung tangan dan sepatu.

d.      Langkah Kerja
1)        Siapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan
2)        Alat yang di gunakan  yaitu gunting stek, gunting pangkas, gergaji pangkas dan parang di asah dengan batu asah.
3)        Bersihkan alat dengan air bersih kemudian dikeringkan
4)        Sterilkan alat dengan menggunakan alkohol 70 %
5)        Simpan alat dan bahan pada tempatnya

         Lembar Kerja 2

2.      Melakukan Pemangkasan

a.      Tujuan Kegiatan
Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar peserta diklat mampu melakukan pemangkasan dengan benar.

b.      Alat dan Bahan
Alat yang digunakan dalam melakukan kegiatan ini yaitu gunting steks, gunting pangkas, gergaji pangkas, parang dan spidol. Bahan yang digunakan adalah parapin.

c.      Keselamatan Kerja
Kegiatan ini harus memperhatikan keselamatan kerja antara lain pakailah Sarung tangan, pakaian kerja dan sepatu bot.

d.      Langkah Kerja
1.    Mengidentifikasi bagian – bagian yang akan dipangkas
2.    Menandai bagian – bagian yang akan di pangkas dengan spido
3.    Memangkas bagian – bagian yang sudah ditandai
4.    Lukanya harus miring
5.    Bekas pangkasan harus rata
6.    Luka bekas pangkasan ditutup dengan parapin
7.    Bagian tanaman yang dipangkas di kumpulkan pada tempat pembakaran
Lembar Kerja 3

3.  Pengontrolan, pengendalian  dan evaluasi pemangkasan tanaman !

a.      Tujuan Kegiatan
Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar peserta diklat mampu melakukan pengontrolan, penngendalian dan evaluasi pemangkasan

b.      Alat dan Bahan
gunting pangkas dan alat tulis.

c.      Keselamatan Kerja
Kegiatan ini harus memperhatikan keselamatan kerja antara lain pakailah Sarung tangan, pakaian kerja dan sepatu bot.

TIM PENYUSUN
1.        RIKA HARISKA, SP
2.        ISLAMIYAH, SP
3.        WIDAGDO, ST
4.        ANIK PURWATI, SP
5.        SURATINIGSIH, S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar