Kamis, 29 Desember 2011

PENGENALAN ILMU KIMIA


 PENGENALAN ILMU KIMIA

1.         Ilmu kimia dapat didefinisikan sebgai ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

2.         Manfaat mempelajari ilmu kimia :

·         Memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yan berlangsung di dalamnya.

·         Manfaat yang lebih jauh adalah kit dapat mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk kebuuthan kita.

·         Dapat membentuk sikap analitis dan sistematis dalam memecahkan masalah.

3.         Orang yang tidak bekerja di laboratorium kimia tetap perlu memahami ilmu kimia karena semakin banyak bahan kimia yang digunakan di berbagai macam produk dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami sifat-sifat bahan kimia, kita dapat menggunakan produk-produk tersebut dengan bijaksana sehingga terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.

4.         Beberapa contoh produk dari bahan alam :

·         Sabun dibuat dari lemak hewan atau dari minyak kelapa.

·         Detergen dibuat dari minyak bumi

·         Plastik dibuat dari gas atau minyak bumi

·         Kaca dibuat dari pasir

·         Kertas dibuat dari kayu

5.         Ahli kimia menganalisis komposisi dan sifat-sifat khusus yang diperlukan pada material penyusun sebuah televisi, seperti kaca, casing televisi, komponen-komponen di dalamnya dan kabel. Cat, karet ban, plastik, kaca, logam,  Parfum, sabun, kosmetik, pembersih lantai, pasta gigi, sampho, dll.

8.         Peranan ilmu kimia dalam pelajaran biologi :

·         Menganalisis dan menentukan jenis reaksi yang terjadi pada makhluk hidup serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

·         Menganalisis dan menentukan jenis zat yan terlibat dalam reaksi pada makhluk hidup sehingga dapat diketahui senyawa apa saja yang diperlukan oleh makhluk hidup.

9.         Kita perlu berhati-hati saat melakukan percobaan di laboratorium kimia karena banyak zat kimia yang berbahaya dan alat-alat laboratorium yang mudah pecah.

10.       Temuan atau gagasan dari ilmuan-ilmuan besar dalam bidang kimia :

·         Antoine Lavoisier (1743-1794) menetapkan hukum kekelan massa. Dalam reaksi kimia, tak ada yang diciptakan atau dimusnahkan. Unsur-unsur itu hanya tersusun kembali dalam kombinasi baru.

·         John Dalton (1766-1844) mengemukakan teori atom. Setiap unsur terdiri dari atom-atom mungil yang tak bisa dibelah. Atom-atom satu unsur serupa, tapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.

·         Dmitri Mendeleev (1834-1907) mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom dengan perpindahan baris pada interval tertentu. Kelompok unsur dalam kolom vertical memiliki sifat kimia yang serupa.

·         Benjamin Franklin (1706-1790) orang yang pertama kali menyebut dua jenis muatan listrik, yaitu listrik positif dan listrik negatif.

·         Alessandro Giuseppe Volta (1745-1827) menciptakan baterai penghasil arus listrik.

·         Sir Humphry Davy (1778-1829) menemukan suatu metode penguraian senyawa menjadi unsur-unsurnya dengan bantuan arus listrik. Davy berhasil menemukan tujuh unsur yaitu: natrium, kalium, magnesium, kalsium, strontium, barium, dan gas klorin.

·         Michael Faraday (1791-1867) menemukan bahwa atom mengandung muatan listrik.

·         Heinrich Geissler (1814-1879) penemu tabung lampu gas (lampu neon).

·         Antoine Henri Becquerel (1852-1908) menemukan sifat keradioaktifan unsur uranium dan senyawa-senyawanya.

·         Robert Andrew Millikan (1868-1953) menemukan harga muatan sebutir electron (e), yaitu 1,602 x 10-19 coulomb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar