Jumat, 10 Oktober 2014

Cara Mencegah korosi




Cara Mencegah Korosi

Korosi adalah Reaksi antara logam dengan udara dan uap air. Contoh pada perkaratan besi.   Salah satu kerugian yang diakibatkan oleh korosi adalah umur  bahan yang terbuat dari logam akan berkurang. Untuk mencegah atau memperlambat  terjadinya korosi digunakan beberapa cara antara lain
1.      Mengecat
Dengan mengecat logam, akan menghindari logam kontak dengan udara dan air. Biasanya digunakan pada pagar besi, jembatan dan railing
2.      Melumuri logam dengan oli atau gemuk
Digunakan pada berbagai perkakas mesin. Bertujuan menghindari logam kontak dengan udara dan air.
3.      Dibalut dengan plastik
Digunakan pada perkakas rak piring dan keranjang sepeda. Bertujuan menghindari logam kontak dengan udara dan air.
4.      Tin Planting (pelapisan Timah)
Pelapisan timah biasa digunakan pada keleng-kaleng kemasan yang terbuat dari besi. Timah tergolong logam yang tahan karat. Timah melindungi besi selama lapisan masih utuh (tanpa cacat). Apabila tima ada yang rusak, misalnya tergores justru akan mendorong mempercepat korosi besi. (hal ini memberikan keuntungan kaleng-kaleng bekas akan cepat hancur)
5.      Galvanisasi (pelapisan dengan zink)
Pelapisan zink atau yang dikenal dengan istilah galvanisasi biasa digunakan untuk melapisi tiang-tiang listrik dan tian telephon, pipa air, dan pagar (BRC). Zink bisa melindung besi atau logam meskipun lapisannya adaa yang rusak.
6.      Cromium planting (pelapisan dengan Crom)
Biasa digunakan untuk pelapisan bumper mobil. Sama dengan zink crom dapat memberi perlindungan meskipun lapisan cro ada yang rusak.

sumber http://beljaraoke.blogspot.com/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar