Minggu, 03 November 2013

LAPORAN PSG BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1.       Latar belakang
Salah satu upaya untuk meningkatkan  kompetensi siswa di lingkungan sekolah kejuruan serta sesuai dengan program pendidikan tiga tahun di SMK Negeri 1 Teluk Batang, maka siswa di SMK Negeri 1 Teluk Batang kelas XI diwajibkan melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin).
Praktek kerja industri adalah aplikasi pola penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar sistem ganda melalui dua jalur pendidikan yaitu jalur pendidikan di sekolah dan jalur pendidikan diluar sekolah (dunia industri/dunia usaha), untuk mencapai kemampuan dan keterampilan profesional bagi kelulusan SMK Negeri 1 Teluk Batang.
Praktek kerja industri di peroleh dengan melakukan praktek kerja langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. pendidikan di sekolah masih berbentuk teori dan latihan kerja dalam skala kecil dan frekuensi yang relatif sedikit. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil yaitu mampu menangani pekerjaan dalam skala besar. Sekarang ini sudah waktunya diterapkan suatu pendidikan dengan prinsip penguasaan dengan keahlian profesi yang dapat di tempuh dengan pendidikan di lapangan kerja (industri/perusahaaan), dengan sistem yang melengkapi antara pendidikan di sekolah dan keahlian profesi yang di dapat melalui pengalaman kerja didunia industri/perusahaan.
Dengan adanya praktek kerja indutri ini siswa diharapkan dapat  mewujudkan tujuan pendidikan tiga tahun yaitu menghasilkan lulusan yang terampil, tangguh, siap pakai, mandiri dan bertanggung jawab. Dengan adanya praktek kerja industri ini sisiwa dapat mengetahui situasi dan kondisi kerja dalam bidang industri atau dunia usaha yang sebenarnya. maka kelak kalau para siswa akan mencapai lapangan kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja. Selain untuk mencari pengalaman di dunia kerja, juga merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional.

1.2.       Tujuan Praktek  Kerja  Industri
Dengan dilaksanakan prakerin mempunyai beberapa tujuan antara lain:
1.             Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkatan pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2.             Memperkokoh keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara sekolah dengan dunia industri/dunia usaha.
3.             Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
4.             Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5.             Mengetahui seberapa jauh siswa menyerap teori-teori yang telah di berikan di sekolah.
6.             Penerapan teori dalam dunia kerja/dunia usaha.
7.             Membekali siswa dengan pengalaman kerja sesui dengan program study serta dapat mengembangkan diri selaras dengan dunia kerja.
8.             Memberi peluang untuk mendapatkan kerja.
9.             Menambah pengetahuan di bidang perbanyakan pembibitan generatif tanaman kelapa sawit

1.3.       Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek kerja industri dilaksanakan dari tanggal 10 Januari 2013 sampai dengan  10 April 2013 di PT.Cipta Usaha Sejati. Yang beralamatkan dusun Jelutung, desa Matan Jaya, kecamatan Simpang Hilir, kabupaten Kayong Utara, propinsi Kalimantan Barat.


LAPORAN SECARA KESELURUHAN BISA ANDA DOUWLOAD DISINI
HALAMAN JUDUL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar